19 Tips Mencegah Bahaya Internet Pada Anak-anak

ilustrasi bahaya intenet tanpa pengawasan orang tua


Jaman sekarang perkembangan internet sangat cepat sekali. Internet itu semacam perpustakaan paling lengkap didunia. Kita mau mencari apa saja tinggal buka google, lalu masukan apa saja yang kita mau cari lalu tekan cari atau enter, itu apa yang kita cari langsung muncul. Sekarang sudah banyak Anak-anak yang sudah pandai memainkan Gadget, entah itu cuma memainkan game, nonton youtube atau yang lainnya. Oleh karena itu kita sebagai orang tua sedikitnya harus tahu tentang internet jangan sampai gaptek supaya kita bisa memantau atau mengawasi anak kita jangan sampai anak kita membuka situs-situs yang dilarang, seperti situs dewasa, situs perjudian, pergaulan bebas dan lainnya. Jangan sampai kita membiarkan anak-anak berselancar di internet dengan bebas tanpa diawasi oleh kita, jangan sampai kita menyesal dikemudian hari karena kita tidak pernah memperhatikan anak-anak kita yang bermain dengan internet sendiri dengan bebas.

Baiklah langsung saja kita bahas 19 Tips mencegah Bahaya Internet Pada Anak-anak :

1. Memberikan Pengertian dan saran positif
Sebelum kita memutuskan untuk memberikan gadget kepada anak kita, kita harus memberikan pengertian tentang internet dan kita harus mengarahkan anak kita kalau internet harus digunakan untuk melakukan kegiatan yang positif, misalnya mencari tugas sekolah, bahan pelajaran, pengetahuan umum, dan diluar itu tidak diperbolehkan. Apalagi mencari hal-hal yang negatif.

2.Jangan berikan gadget pada balita
Sebaiknya anda jangan memberikan gadget pada anak yang masih balita, karena hal tersebut bisa berakibat tidak baik pada pertumbuhan mereka, baik kepekaan terhadap dunia luar, kesehatan mata dan pertumbuhan sel otaknya.
Sebisa mungkin anda memberikan anak gadget kalau anak-anak sudah sekolah atau sudah bisa membedakan mana yang baik dan mana yang kurang baik, anda jangan terlalu khawatir kalau anak anda akan ketinggalan zaman kalau anda tidak mengenalkan gadget sejak balita karena gadget atau internet itu bisa dipelajari dengan singkat.

3. Buat aturan tentang penggunaan internet
Buat aturan yang jelas tentang penggunaan gadget dan internet kepada anak agar tidak kebablasan. Tentukan apa saja yang boleh dilakukan dalam internet, berapa lama durasi berinternet yang diperbolehkan dan kapan saja waktu yang diperbolehkan untuk berinternet. Misalnya sehari dibatas cuma 1-2 jam saja terus dilakukan cuma disore hari supaya tidak mengganggu jam belajar.

Sedangkan untuk malam hari tidak diperbolehkan menggunakan internet karena malam adalah waktunya belajar dan mengerjakan PR, kecuali memang ada tugas yang memang memerlukan akses internet. Itupun harus diawasi oleh orang tua.

4. Harus bisa tegas mengatur anak dalam menggunakan internet.
Kita sebagai orang tua pastinya sayang kepada anak-anak kita, tapi bukan berarti kita harus memberikan kebebasan  penuh pada anak-anak kita. Kita sebagai orang tua harus bisa tegas untuk mengatur durasi internet pada anak, jika anak-anak sudah lama menggunakan internet maka kita harus bisa tegas untuk menyetopnya.

5. Masuk dan libatkan diri anda ke dunia online anak
Melibatkan diri anda pada kehidupan anak-anak serta aktivitas online anak-anak pastinya sangat penting untuk dilakukan. Sudah seharusnya sebagai orang tua, anda harus mengenal lingkup gerak mereka, pastikan juga mereka menggunakan teknologi dengan aman. Tidak ada bedanya dengan kehidupan nyata, kehidupan mereka didunia maya juga harus anda ketahui. Siapa temannya dan apa yang mereka lakukan.

6. Ajarkan anak untuk melindungi privasi
Tidak semua boleh kita bagikan di Internet, ajarkan anak untuk melindungi privasi, jangan sembarangan mengumbar informasi kepada publik. Misalnya jangan sembarangan memberikan alamat rumah, alamat sekolah, nomor telepon, bahkan foto pribadi. Karena hal tersebut bisa di salah gunakan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab. Anak-anak harus paham hal tersebut agar mereka bisa waspada, menjaga diri dan tidak sembarangan.

7. Taruh komputer ditempat yang mudah dipantau
Sebaiknya semua gadget untuk anak digunakan ditempat umum dirumah seperti ruang tamu. Jangan biarkan mereka menggunakannya dikamar pribadi, karena akan sulit untuk dimonitor atau diawasi. Membiarkan anak mengakses internet ditempat yang sulit dimonitor bisa sangat berbahaya.

8. Jadikan anak sebagai sahabat
Anda harus meyakinkan kepada anak-anak kalau anda tidak akan melarang mereka berinternetan dengan berlebihan dan tidak akan mudah menyalahkan mereka. Serta anjurkan juga kepada mereka untuk memberitahukan kepada orang tua apabila mereka menemukan hal-hal yang tidak baik. Jadilah teman anak-anak supaya mereka bisa terbuka dan mau bercerita, serta mereka tidak menyembunyikan hal buruk yang mereka jumpai di Internet pada orang tuanya.

9. Aktifkan parental control yang ada disistem operasi
Sistem operasi versi terbaru seperti Windows maupun Mac OS sudah dilengkapi dengan fitur parental control, fitur ini bisa dimanfaatkan untuk melindungi anak dari hal-hal negatif.
- Untuk pengguna Windows Anda bisa baca panduannya disini.
- Untuk pengguna Mac OS, bisa baca panduannya disini.
- Untuk pengguna Linux, misal Ubuntu, bisa baca panduannya disini.
- Untuk pengguna Android bisa baca panduannya disini.
Anda bisa mencari di Google cara mengaktifkan fitur parental control lainnya sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan.

10. Instal software proteksi
Selain fitur bawaan yang ada disistem operasi, ada juga aplikasi pihak ketiga yang bisa anda manfaatkan. Anda bisa memasang aplikasi / software yang berfungsi untuk memblokir konten tertentu (konten dewasa misalnya), hal ini cukup penting untuk dilakukan karena tidak setiap hari kita bisa mengawasi anak-anak secara langsung.

11. Bekerja sama dengan ISP untuk memblokir konten terlarang
Internet Service Provider (ISP) tentu saja memiliki kewenangan untuk menutup atau membuka situs-situs tertentu yang tidak baik untuk diakses. Jadi apabila memungkinkan bekerja samalah dengan mereka untuk memblokir situs-situs berbahaya pada koneksi yang anda gunakan.

12. Memanfaatkan DNS Nawala untuk memblokir situs dewasa
Anda juga bisa melakukan pemblokiran sendiri situs-situs terlarang dengan menggunakan DNS Nawala misalnya. Karena mereka memiliki database situs-situs berbahaya yang tidak seharusnya di akses oleh masyarakat, termasuk konten dewasa maupun yang situs-situs terlarang lainnya. Dengan menginput alamat DNS mereka di pengaturan komputer kita, maka konten tersebut akan diblokir dan tidak bisa diakses. Silahkan kunjungi nawala.org untuk info lebih lengkapnya.

13. Maksimalkan fitur browser untuk memblokir konten terlarang
Selain memblokir internet dengan menggunakan pengaturan DNS, lakukan juga pengaturan di browser agar tidak bisa membuka situs-situs berbahaya. Misalnya, jika membuka Google Chrome bisa dengan menginstal extension "Parental Control & Web Filter from Metacert" ekstensi ini akan memblokir situs-situs terlarang yang tentu tidak baik bagi anak maupun orang dewasa. Selain itu ada banyak ekstensi lain yang bisa digunakan untuk mengamankan internet dirumah anda. Bukan hanya di Google Chrome, di Mozilla Firefox juga banyak addon semacam itu.

14. Seting mesin pencari agar aman ketika searching
Mesin pencari seperti Google adalah tempat mencari apapun di Internet, jika tidak disaring maka anak bisa menemukan hal-hal negatif. Untungnya Google memberikan fitur untuk menyaring hal tersebut. 

Pengaturan di Google.
Berikut cara singkat melakukan pengaturan di Google agar tidak menampilkan konten negatif.

- Buka Google
- Klik menu Setting/Pengaturan yang ada dikanan bawah
- Pilih Search setting/Pengaturan pencarian
- Ceklis pada pilihan Turn on SafeSearch yang ada di bagian SafeSearchFilter.


Dengan begitu Google akan menutup sebagian besar konten berbahaya, dan tidak akan ditemukan dihasil pencarian (walaupun ini tidak 100% filter, namun fitur ini cukup baik jika diaktifkan).

Pengaturan di Youtube.
Situs youtube memiliki video yang tidak layak ditonton oleh anak-anak, oleh karena itu ada baiknya anda mengaktifkan fitur Restricted Mode yang ada dibawah halaman website Youtube agar video-video berbahaya tersebut tidak muncul dilayar.

15. Kenalkan anak dengan situs-situs yang baik
Kenalkan anak dengan situs-situs yang baik untuk mereka, maka orang tua tentu harus mengumpulkan daftar situs apa saja yang baik untuk mereka. Misalkan kenalkan dengan wikipedia, kids.yahoo.com, askkids.com atau kidsclick.org. Atau kenalkan dengan situs belajar, misal situs belajar bahasa inggris, bahasa arab, situs-situs kreativitas, situs kursus online seperti diy.org, atau mesin pencari (search engine) khusus anak seperti kiddle.co dan lainnya.

16. Berikan sanksi tegas
Berikan sanksi yang tegas untuk anak apabila mereka melanggar aturan yang sudah disepakati, misalnya jika mereka bermain internet diluar jam yang sudah disepakati, misalnya mereka bermain saat malam hari dimana itu harusnya untuk belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah (PR) maka tidak akan boleh menggunakan internet selama seminggu.

17. Membekali anak dengan pendidikan moral dan agama
Pendidikan agama adalah hal yang tidak kalah penting bagi anak, mereka harus tahu mana yang dilarang oleh agama supaya mereka memiliki batasan pada dirinya. Selain itu agar mereka takut berbuat dosa. Selain agama tentu mereka juga perlu untuk belajar tentang norma, tujuannya tentu agar mereka bisa berperilaku yang baik di internet, kita tentu sering melihat bahwa anak-anak sekarang banyak yang mengunggah foto yang bisa dibilang fulgar, pakaian terbuka, berkata kasar di sosial media, dan itu tentu tidak sesuai dengan norma yang berlaku. Pendidikan-pendidikan tersebut tentu penting bagi anak anda ketika mereka berinternet ria.

18. Kontrol perangkat Internet harus di orang tua
Sebagai orang tua, anda tentu harus bisa memegang kendali terhadap akses internet dirumah, misalnya password intenet WiFi dirumah harus anda yang mengatur, agar bisa mengontrol anak. Apabila mereka sedang  terkena sanksi, atau pada waktu-waktu yang seharusnya mereka belajar, maka anda bisa mengganti password WiFi agar mereka tidak bisa menggunakan internet, namun pekerjaan anggota keluarga yang lain tidak terganggu. Ada baiknya juga ketika malam hari internet dimatikan karena itu adalah waktu yang terbaik untuk berkumpul bersama keluarga, karena terkadang siang hari orang tua sudah menghabiskan waktu untuk bekerja diluar rumah.

19. Berikan contoh
Anak biasanya cenderung mencontoh orang tuanya, jadi ajarkan mereka untuk memenuhi aturan-aturan dengan memberikan contoh. Misalnya jika mereka dilarang berinternet pada malam hari, maka sebaiknya orang tua juga tidak berinternet pada malam hari, karena malam hari biasanya adalah waktu untuk belajar dan waktu untuk berkumpul bersama keluarga. Oleh sebab itu, sangat penting untuk tidak membawa pekerjaan kantor anda kerumah.


Kesimpulan
Penggunaan internet secara sehat dalam keluarga anda tentu akan berdampak positif bagi kehidupan anak tercinta maupun anggota keluarga lainnya. Memberikan pengertian, pendidikan, pengawasan serta pembatasan merupakan langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh orang tua, semua harus dilakukan dengan bersikenambungan, karena kita semua sudah paham bahwa mengawasi anak tentu tidak bisa juga dilakukan setiap waktu, jadi kolaborasi cara-cara diatas bisa diterapkan untuk menyelamatkan anak tercinta anda dari berbagai bahaya yang ada di era teknologi dan internet sekarang ini.


2 comments:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com