18 Manfaat Tauge/Kecambah untuk Kesehatan

Tauge

Sob tahu gak dengan tauge/kecambah?pasti sudah pada tahu semua. Tauge itu sangat murah sekali, tapi jangan sepelehkan barang murah yang satu ini karena tauge adalah gudangnya nutrisi. Walaupun murah banyak nutrisi yang terkandung didalam tauge seperti vitamin B, B1, B6, C, E dan vitamin A yang sangat penting untuk menjaga kesuburan dan kesehatan, baik untuk pria maupu wanita. Selain itu juga tauge merupakan sumber zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, mangan, serta asam lemak omega-3 yang berlimpah.

Tauge juga mengandung banyak oksigen, sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, membunuh bakteri, meningkatkan mekanisme pertahanan dan masih banyak lagi.

Tips memilih Tauge :

  • Jika ingin membeli tauge, carilah tauge yang pendek dan gemuk, bersih, tidak berlendir, tidak kendur, dan tidak bertekstur seperti benang.
  • Habiskan tauge dalam waktu dalam waktu tidak lebih dari 2 hari setelah dibeli dan pastikan untuk mencucinya dengan bersih sebelum dikonsumsi.
Cara membuat Tauge sendiri :
  • Cuci kacang hijau sampai bersih
  • Rendam kacang hijau sehari penuh (24 jam)
  • Buang kacang hijau yang mengambang
  • Setelah direndam, angkat dan tempatkan kacang hijau dalam wadah berlubang lalu tutup dengan kain basah.
  • Siram 3 sampai 5 kali sehari
  • Setelah 2-3 hari akan tumbuh kecambah, setelah 5 hari sudah siap dipanen.
  • Buang kulit kacang hijaunya, dan cuci sampai bersih.
  • Tauge siap untuk dikonsumsi
Cara mengkonsumsi Tauge :


Beberapa ahli berpendapat bahwa tauge lebih baik dikonsumsi dalam keadaan mentah, pada saat nutrisinya masih belum banyak yang rusak. Jika mau dimasak, Bagusnya tauge ditumis atau dikukus sebentar saja/ jangan lama-lama.

Jika pengen merebus tauge, misalnya untuk membuat sup, jangan memasukkan tauge ke dalam panci sejak awal, tapi masukan tauge jika masakan sudah matang dan mau mematikan api kompor supaya vitamin C serta enzim tidak banyak yang rusak.


1. Mencegah kanker
Antioksidan yang terkandung didalam tauge dapat membantu memperlambat proses penuaan dan menghentikan pembelahan sel-sel kanker.

2. Mencegah serangan jantung dan stroke
Orang-orang yang beresiko terserang stroke dan serangan jantung karena naiknya kadar lemak dalam darah, dianjurkan untuk mengkonsumsi tauge yang banyak karena tauge akan melawan kolesterol jahat tanpa mengganggu lemak baik (HDL).

3. Mencegah Osteoporosis
Kandungan esterogen alami dalam tauge akan bekerja seperti esterogen buatan. Malah kelebihan esterogen alami tidak memiliki efek negatif. Jadi esterogen dalam tauge dapat dengan mudah meningkatkan ketebalan tulang, struktur tulang dan menghentikan kebusukan tulang.

Osteoporosis atau pengeroposan tulang adalah penyakit yang cukup banyak diderita oleh wanita karena wanita setiap bulannya mengalami menstruasi. Hal itu akan menguras cadangan kalsium dalam tubuh wanita. Oleh karena itu, untuk mencegah osteoporosis atau kerusakan tulang lainnya dianjurkan untuk mengkonsumsi tauge.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kandungan saponin pada tauge akan memperbaiki sistem pertahanan tubuh, terutama dengan cara meningkatkan aktivitas sel-sel pembuluh darah alami, khususnya limfosit T-sel serta intenferon. Kandungan antioksidan dalam tauge juga sangat banyak yang sangat berguna untuk memerangi radikal bebas.

5. Memperbaiki sistem pencernaan
Tauge bersifat basa, oleh karena itu tauge sangat baik untuk menjaga keasaman lambung serta membantu pencernaan. Selain itu juga kandungan seratnya dapat dengan mudah meningkatkan kontraksi saluran pencernaan serta memperlancar buang air besar.

6. Meningkatkan kesuburan
Ini dia khasiat tauge yang sudah menjadi rahasia umum kalau tauge itu bisa meningkatkan kesuburan. Jika dikonsumsi secar teratur, tauge akan meningkatkan kualitas sperma. Kandungan vitamin E yang terdapat dalam tauge, khususnya E-alpha, itu sangat membantu dalam meningkatkan kesuburan bagi laki-laki.

Vitamin E adalah antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari serangan radikal bebas. Dengan mengkonsumsi tauge, vitamin E akan menjaga sel-sel telur atau sperma dari kerusakan akibat radikal bebas.

7.Menyehatkan Kulit
Dalam tauge terdapat vitamin E yang menjadikan tauge menjadi antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas, oleh karena itu tauge juga sangat berperan sekali untuk kecantikan dan sangat membantu menyegarkan dan melembutkan kulit.

8. Menurunkan berat badan
Tauge juga tidak mengandung banyak lemak. Satu mangkok tauge hijau hanya mengandung 0,11 gram lemak, oleh karena itu tauge merupakan sumber makanan yang baik untuk menurunkan berat badan.

Selain diet rendah lemak, tauge juga dapat mengurangi kemungkinan diabetes tipe 2 (yang mana sering terjadi akibat pola makan buruk dan gaya hidup tidak sehat.

9. Mencegah gangguan menstruasi dan menopause.
Kemampuan de-oksidasi yang dimiliki tauge dapat dengan meningkatkan sirkulasi aliran darah untuk menghindari serta menetralkan faktor yang dapat mengganggu menstruasi. Jika anda sering mengkonsumsi tauge sebelum menstruasi, maka anda akan terhindar dari seluruh masalah yang mungkin terjadi selama menstruasi.

10. Manfaat tauge untuk wanita
Wanita yang mengkonsumsi tauge secara teratur akan terhindar dari resiko kanker payudara, masalah haid,pengeroposan tulang, dan gejala pra menopause, serta masalah lain yang menyertai menopause. Karena dalam tauge terdapat esteron alami yang besar.

11. Menjaga awet muda
Tauge padat akan antioksidan kuat yang baik untuk menghindarkan tubuh dari bahaya radikal bebas sehingga mencegah penuaan dini.

12. Menghilangkan racun
Tauge bisa menghilangkan kotoran dalam usus besar karena tauge mangandung banyak serat dan air. Kandungan serat dan air ini akan membantu tubuh untuk menghindari penumpukan bahan kimia beracun yang dapat menyuburkan sel-sel kanker.

13. Mengatasi Anemia
Tauge kaya akan zat besi yang penting untuk pembentukan hemoglobin dalam tubuh. Hemoglobin sebenarnya adalah protein yang terkandung dalam sel-sel darah merah. Oleh karena itu, mengkonsumsi tauge bisa menunkan resiko anemia. Tauge juga mengandung vitamin C yang membantu penyerapan zat besi pada usus, sehingga dapat menghentikan anemia yang sering terjadi akibat kekurangan zat besi.

14. Mengatasi sembelit
Karena tauge mengandung banyak serat, maka tauge mampu meningkatkan pergerakan usus sehingga mencegah susah buang air besar.

15. Menyehatkan rambut dan kuku
Kerusakan rambut dan kuku biasanya disebabkan karena kekurangan gizi tertentu, terutama seng, vitamin serta protein. Tauge serat akan kandungan nutrisi yang diperlukan untuk memperbaiki kesehatan rambut dan kuku.

16. Menyehatkan Hati
Tauge sangat bermanfaat untuk kesehatan hati. Tauge mengandung banyak lesitin yang membantu untuk menjaga kadar kolesterol darah dan juga mengurangi lemak hati, yang pada gilirannya membantu mencegah penumpukan lemak dalam hati yang bisa menyebabkan gangguan hati.

17. Mengatasi stress dan kelelahan
Tauge membantu dalam menghilangkan atau melawan indikasi tekanan mental maupun fisik dan kelelahan.

18. Menurunkan resiko beberapa cacat lahir
Sebanyak dua dari setiap 1.000 bayi yang lahir di Amerika Serikat setiap tahun, lahir dengan masalah cacat tabung saraf (sumsum tulang belakang) karena ibu mereka kekurangan nutrisi tertentu saat hamil.

Mengkonsumsi suplemen asam folat sebelum hamil dan selama hamil dapat mencegah masalah tersebut. Tauge mangandung asam folat dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil.

Itulah 18 manfaat tauge untuk kesehatan, jadi jangan lupa untuk mengonsumsi touge setiap hari yah supaya sehat selalu. harganya murah ini, Rp.1.000 juga dapat banyak. tapi ingat kalau mau beli tauge secukupnya saja.maksimal untuk dua hari harus habis supaya taugenya selalu segar dan nutrisinya pun masih banyak.

baca juga artikel :

1 comment:

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com